MANFAAT BERKUDA BAGI KESEHATAN TUBUH KITA

Published by: 0

Berkuda merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup menyenangkan. Mengendalikan kuda menelusuri jalan, menghadapi rintangan, atau memacunya dengan kecepatan membutuhkan teknik khusus yang harus dipelajari terlebih dahulu. Olahraga berkuda atau pacuan kuda merupakan olahraga yang sudah ada sejak lama. Walaupun di Indonesia tidak semua kalangan bisa menikmati olahraga ini namun keberadaan olahraga berkuda masih dapat terlihat. Kita juga bisa melihat beberapa artis Indonesia menekuni olahraga yang satu ini.

Di negara Eropa, pacuan kuda cukup populer, lalu bagaimana dengan daerah lainnya. Berikut ini informasi tentang pacuan kuda di berbagai kawasan:

  • Irlandia: pertandingan berkuda dari satu titik ke titik lainnya berasal dari Irlandia. Irlandia sendiri mengembangkan pembiakan kuda. Ada banyak pelatih dan joki kuda terkenal yang berasal dari Irlandia.
  • Asia: negara-negara yang olahrga pacuan kudanya sangat baik adalah Hongkong, Makau, dan Malaysia. Di Indonesia sendiri pacuan kuda merupakan olahraga yang dilombakan di ajang Pekan Olahraga Nasional. Salah satu daerah terkenal dengan kuda dan pacuan kudanya adalah Bima di NTB.

Olahraga berkuda memiliki banyak sekali manfaat baik itu secara fisik ataupun mental. Olahraga ini memang tampaknya tidak berat karena duduk di atas kuda, namun sebenarnya perlu teknik dan kepiawaian dalam mengendalikan kuda yang dinaiki. Beberapa manfaat olahraga berkuda yaitu:

Manfaat Berkuda Secara Fisik

Mengendarai kuda akan meningkatkan kebugaran fisik. Menunggangi kuda tidak hanya sekedar duduk saja, perlu posisi duduk yang benar dengan cara memegang tali kendali yang harus tepat. Jadi fisik yang bugar seharusnya memang akan dimiliki oleh penunggang kuda. Menunggang kuda akan meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh. Fungsi lainnya yaitu:

  1. Meningkatkan kekuatan otot
  2. Meningkatkan akselerasi reflek tubuh
  3. Mencegah kram otot
  4. Meningkatkan pergerakan tulang sendi
  5. Meningkatkan sistem kardiovaskular
  6. Meningkatkan sirkulasi dara
  7. Menstimulasi integrasi sensor
  8. Meningkatkan penglihatan sehingga meluas
  9. Meningkatkan tanggung jawab, kesabaran, kedisiplinan dan rasa percaya diri

Menunggangi kuda dapat menstimulasi organ internal seperti halnya berjalan dengan kaki. Ini dapat membantu fungsi liver dan pencernaan. Kita bisa membakar kalori yaitu 5 kalori per menit. Meningkatkan kecepatan dan durasi menunggang akan meningkatkan intensitas latihan dan membakar lebih banyak kalori.

Menunggang kuda merupakan hobi dan olahraga bagi orang dewasa dan anak-anak. Anak-anak dapat belajar tanggung jawab untuk merawat hewan. Kita juga perlu menyiapkan kuda tersebut dengan memasang pelana, dan perlengkapan lainnya. Itu akan menjadi olahraga tambahan sebelum benar-benar menunggangi kuda. Selain berkuda, para penunggang kuda biasanya akan mengikuti jenis olahraga lainnya untuk menambah kekuatan seperti yoga dan pilates.

Menunggang kuda berarti belajar untuk mengontrol dan merawat seekor hewan. Ini bisa membawa dampak yang besar bagi diri kita. Menghirup udara segar dan menyaksikan pemandangan indah selagi menunggang kuda dapat membuat pikiran kita menjadi lebih jernih namun terkendali karena kita perlu mengendalikan kuda tersebut.

Secara Mental

Mengendalikan kuda merupakan sebuah tantangan sekaligus kesenangan. Kita bisa menjadikan kuda tersebut sebagai teman baik kita dalam berolahraga. Terutama jika kita memiliki kuda tunggangan sendiri maka akan ada banyak pengalaman baru yang didapat. Riset menunjukkan bahwa belajar sampai tua dapat membuat kita terhindar dari lupa ingatan. Sama seperti otot, otak juga membutuhkan latihan agar tetap muda dan fleksibel. Menunggang kuda membutuhkan kerja otak untuk dapat mengendalikan dengan baik. Saat dalam pertandingan ataupun di luar pertandingan, jika kita berhasil mengendalikan kuda dengan baik maka  kita akan merasa senang dan puas. Itu dapat meningkatkan pikiran-pikiran positif.

Secara Emosi

Bagi banyak orang seekor kuda berarti berhubungan dengan alam apakah ditunggangi di sebuah arena atau bukan. Banyak orang menemukan pertemanan dan penghiburan saat bekerja bersama kuda mereka. Meskipun menunggang dapat menimbulkan frustasi namun kebanyakan orang akan menikmatinya sebagai cara untuk bersantai. Selain bersama kuda saja, penunggang kuda juga bisa berteman dengan penunggang kuda lainnya. Kita bisa melihat melihat banyak club berkuda yang dapat mempertemukan para penunggang kuda. Mereka bisa berbagi kisah dan berlatih menunggang kuda bersama.

Bagi yang ingin kesunyian, menunggang kuda juga cocok dilakukan. Kita bisa memilih menunggang kuda sendiri di alam atau tempat berkuda. Banyak pemilik kuda yang merasa bahwa kuda mereka sudah menyatu dengan perasaan dan jiwanya, lebih dari seorang teman. Saat dalam keadaan tertekan, seekor kuda dapat menjadi teman dalam diam, seseorang yang tak akan langsung menghakimi.

Ternyata ada banyak sekali manfaat dari olahraga berkuda. Olahraga berkuda ini sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja walaupun di Indonesia sendiri mungkin hanya kalangan tertentu saja yang menikmatinya. Namun di beberapa daerah seperti di NTB dan di daerah pegunungan, masyarakat daerah ternyata juga dekat dengan kuda dan kegiatan menunggang kuda. Melalui kegiatan menunggang kuda tak hanya fisik saja yang sehat namun juga pikiran serta emosi dapat selalu terjaga.

 

sumber: http://manfaat.co.id/manfaat-olahraga-berkuda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *